- Kesesuaian dengan Visi, Misi, Sasaran, dan Tujuan
Kurikulum yang ditawarkan oleh program Magister Pendidikan Bahasa Arab sepenuhnya sejalan dengan visi, misi, sasaran, dan tujuan Program Studi (Prodi). Hubungan yang organik antara kurikulum dan kepentingan internal serta eksternal lembaga telah terjalin secara alami, karena setiap tahap penyusunan kurikulum selalu merujuk pada visi, misi, sasaran, dan tujuan yang telah ditetapkan, baik oleh program magister, fakultas, maupun universitas.
Kurikulum ini didasarkan pada penerapan keahlian yang komprehensif, mencakup keahlian dalam Pendidikan Bahasa Arab, pengajaran dan pendidikan, penelitian, serta memperhatikan kebutuhan masyarakat. Program magister ini menggunakan kurikulum Berbasis KKNI, dengan setiap perubahan kurikulum selalu didahului oleh penelitian atau tinjauan terhadap kurikulum sebelumnya.
- Relevansi Struktur dan Isi Kurikulum dengan Tuntutan dan Kebutuhan Stakeholders
Struktur dan isi kurikulum yang digunakan oleh Program Magister Pendidikan Bahasa Arab dianggap telah memenuhi persyaratan yang harus dikuasai oleh para lulusan dalam upaya mereka untuk memperoleh pekerjaan dan mengembangkan keilmuan. Saat ini, para stakeholder membutuhkan tenaga yang tidak hanya menguasai Bahasa Arab, tetapi juga memiliki keahlian dalam pengajaran dan pembelajaran Bahasa Arab, serta kemampuan untuk berinovasi, berkreasi, dan memiliki wawasan yang luas.
Dengan mempertimbangkan kebutuhan ini, program magister melakukan penyesuaian terhadap kurikulum agar dapat memenuhi tuntutan stakeholder tersebut. Dengan demikian, diharapkan para lulusan dapat dengan lancar menghadapi tantangan di bidang yang mereka tekuni.
- Struktur dan Isi Kurikulum
Beban Sks Prodi MPBA berjumlah total 48 sks yang tersusun sebagai berikut: